Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Peserta Didik Kelas VI SD Inpres Mariso III Makassar

Anugerah Hidayati K (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Peserta Didik Kelas VI SD Inpres Mariso III Makassar.

[img] Text
2. Artikel_Anugerah_Hidayati_K_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (827kB)

Abstract

Anugerah Hidayati K., 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Peserta Didik Kelas VI SD Inpres Mariso III Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Erma Suryani Sahabuddin dan Widya Karmila Sari Achmad) Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia Peserta didik kelas VI SD Inpres Mariso III Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI SD Inpres Mariso III Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik kelas VI. Begitu pula pada hasil belajar peserta didik, pada siklus I belum berhasil mencapai ketuntasan klasikal sesuai dengan yang telah ditentukan dan berada pada kategori cukup. Pada siklus II hasil belajar peserta didik berada pada kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw hasil belajar Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas VI SD Inpres Mariso III Makassar dapat meningkat. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw kelas VI SD Inpres Mariso III Makassar mengalami peningkatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:42
Last Modified: 02 Aug 2023 03:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33327

Actions (login required)

View Item View Item