Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Sipakainga’ Berbasis Android Studio Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VI di UPT SDN No.72 Bontoloe Takalar

Finka Sari Ramdayani (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Sipakainga’ Berbasis Android Studio Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VI di UPT SDN No.72 Bontoloe Takalar.

[img] Text
ARTIKEL PENELITIAN PUBLIKAN FINKA SARI RAMDAYANI.pdf

Download (569kB)

Abstract

Finka Sari Ramdayani, 2022. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Sipakainga’ Berbasis Android Studio Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VI di UPT SDN No.72 Bontoloe Takalar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hamzah Pagarra dan Sayidiman). Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang di temukan di UPT SDN No.72 Bontoloe Takalar yang berkaitan dengan kemandirian belajar siswa, masih banyak siswa yang ketika menghadapi ujian mereka mencontoh temannya yang lain tanpa berusaha untuk mengerjakannya sendiri. Ada pula ketika mendapat tugas individu dari guru, mereka mencontek pekerjaan temannya yang sudah mengerjakan tanpa berpikir panjang atau mencari jawaban dari Google tanpa memahami maksud dari materi tersebut. Siswa lebih banyak menghabiskan waktunya hanya untuk mengakses media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp dan tiktok, sehingga waktu untuk belajar lebih sedikit. Hal ini menunjukkan bahwa sikap atau perilaku siswa tersebut kurang mandiri dan percaya diri terhadap kemampuannya. Beranjak dari masalah tersebut maka tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran penggunaan media pembelajaran video sipakainga’ berbasis android studio di UPT SDN No. 72 Bontoloe Takalar, (2) mengetahui gambaran kemandirian belajar siswa di UPT SDN No. 72 Bontoloe Takalar, (3) dan untuk mengetahui pengaruh pada penggunaan media pembelajaran sipakainga’ berbasis android studio terhadap kemandirian belajar siswa kelas VI di UPT SDN No. 72 Bontoloe Takalar. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun desain penelitian yang akan digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI UPT SDN No.72 Bontoloe Takalar dan sampel dalam penelitian ini yaitu 22 siswa kelas VI A dan 20 siswa kelas VI B yang dipilih dengan teknik Pourposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan penggunaan media pembelajaran sipakainga’ berbasis android pada pertemuan pertama berjalan efektif dengan presentase 62% dan pada pertemuan kedua berjalan sangat efektif dengan presentase 87% pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran sipakainga’ berlangsung sangat baik dikarenakan persentase kategori pertemuan pertama dan pertemuan kedua meningkat. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent sample t�test menunjukkan nilai probabilitas sebesar 0,00 < taraf signifikan 0,05 dan Thitung sebesar 27,624 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan media pembelajaran sipakainga’ terhadap kemandirian belajar siswa kelas VI UPT SDN No.72 Bontoloe Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:36
Last Modified: 02 Aug 2023 03:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33326

Actions (login required)

View Item View Item