Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Besar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SDN 41 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba

Arifathul Khoridha (2023) Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Besar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SDN 41 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.

[img] Text
Artikel Arifathul Khoridha.pdf

Download (553kB)

Abstract

Arifathul Khoridha, 2022. Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Besar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SDN 41 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hamzah Pagarra dan Sayidiman). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menggambarkan penggunaan media ular tangga besar, untuk menggambarkan minat belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media ular tangga besar terhadap minat belajar siswa kelas V SDN 41 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya variasi belajar yang digunakan oleh guru seperti penggunaan media pembelajaran yang mengakibatkan kurangnya minat belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana gambaran penggunaan media ular tangga besar?; (2) Bagaimana gambaran minat belajar siswa; (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media ular tangga besar pada minat belajar siswa kelas V SDN 41 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba? Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media ular tangga besar dan variabel terikatnya adalah minat belajar siswa. Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 41 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini berdasarkan teknik Purposive Sampling yaitu siswa kelas V SDN 41 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa : (1) Gambaran penggunaan media ular tangga besar pada kelas eksperimen berlangsung secara efektif dikarenakan kategori persentase untuk setiap pertemuan meningkat. (2) Minat belajar siswa pada kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan minat belajar siswa pada kelas kontrol. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai post non-test pada kelas eksperimen berada pada kategori sangat berminat sedangkan pada kelas kontrol berada pada kategori berminat. (3) Terdapat pengaruh media ular tangga besar. Hal ini karena adanya perbedaan yang signifikan pada nilai post non-test antara kelas eksperimen dengan menggunakan media ular tangga besar dengan kelas kontrol tanpa menggunakan media gambar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:15
Last Modified: 02 Aug 2023 03:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33322

Actions (login required)

View Item View Item