Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres Perumnas II Kota Makassar.

Mukrimatunnisa (2023) Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres Perumnas II Kota Makassar.

[img] Text
PJE Artikel Mukrimatunnisa.pdf

Download (493kB)

Abstract

Mukrimatunnisa, 2022. Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres Perumnas II Kota Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar, dibimbing oleh Amrah dan Hikmawati Usman. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil keterampilan berbicara siswa pada kelas V UPT SPF SD Inpres Perumnas II Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Perumnas II Kota Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui penerapan metode sosiodrama kelas V UPT SPF SD Inpres Perumnas II Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian (PTK) yang bersiklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini yaitu penerapan metode sosiodrama dan meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru kelas V sebanyak 1 orang dan siswa kelas V sebanyak 17 orang yang terdiri dari 8 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Dimana hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup (C) dan siklus II dikategorikan baik (B). Dan adanya peningkatan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup (C) dan siklus II dikategorikan baik (B). Serta terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia hal ini tidak terlepas dari perbaikan aktivitas guru dalam menerapkan metode sosiodrama dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat hasil belajar siswa pada siklus I dikategorikan kurang (K) dan siklus II meningkat sehingga berada pada kategori baik (B). Tercapainya nilai KKM yang telah ditetapkan untuk kelas V UPT SPF SD Inpres Perumnas II Kota Makassar sehingga telah tuntas secara klasikal. Maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V UPT SPPF SD Inpres Perumnas II Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:09
Last Modified: 02 Aug 2023 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33321

Actions (login required)

View Item View Item