Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V UPT SPF SD Inpres Lanraki II Kota Makassar

Meksi (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V UPT SPF SD Inpres Lanraki II Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL_MEKSI_1747441012.pdf

Download (231kB)

Abstract

Meksi. 2022. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V UPT SPF SD Inpres Lanraki II Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurhaedah dan Syamsuryani Eka Putri Atjo). Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Quasi Eksperimen Design dengan type penelitian Non Equivalent Control Group Design. Tujuan Penelitian ini, (1) Mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran Problem Posing pada pembelajaran tematik di kelas V UPT SPF SD Inpres Lanraki II Kota Makassar, (2) Mengetahui gambaran kemandirian belajar siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Lanraki II Kota Makassar, (3) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Posing terhadap kemandirian belajar siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Lanraki II Kota Makassar. Variabel penelitian ini adalah Problem Posing dan kemandirian belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, dimana kelas VB sebagai kelompok eksperimen dan kelas VA sebagai kelompok kontrol. Teknik sampel yang digunakan Purposive Sampling, dimana pemilihan sampel dengan suatu pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan rata�rata post-nontest pada kelompok eksperimen dengan kategori tinggi, sedangkan rata-rata post-nontest kelompok kontrol dengan kategori sedang. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa data kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berdistribusi normal, dan hasil uji hipotesis menunjukkan perbedaan kemandirian belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dimana hasil uji pada pre-nontest kedua kelompok tidak terdapat perbedaan, akan tetapi pada post�nontest kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dan post-nontest kelompok kontrol tanpa perlakuan memiliki perbedaan yang singifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran problem posing terlaksana secra efektif dengan ketegori yang meningkat setiap pertemuannya, (2) kemandirian belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan setelah menerapkan model pembelajaran problem posing, (3) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran problem posing terdapat kemandirian belajar siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Lanraki II Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:06
Last Modified: 02 Aug 2023 03:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33320

Actions (login required)

View Item View Item