Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 69 Galesong I Kabupaten Takalar.

Nurilmi Handayani Sadjirah (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 69 Galesong I Kabupaten Takalar.

[img] Text
Article EESEAJ 1847440001 NURILMI HANDAYANI SADJIRAH.pdf

Download (288kB)

Abstract

Nurilmi Handayani Sadjirah, 2022. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 69 Galesong I Kabupaten Takalar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurhaedah dan Hamzah Pagarra). Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan masih rendahnya keterampilan berpikir siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran penerapan model SAVI pada pembelajaran tematik, untuk mengetahui gambaran keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model SAVI terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN 69 Galesong I Kabupaten Takalar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimen dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 69 Galesong I Kabupaten Takalar. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 24 siswa kelas VA dan 28 siswa kelas VB yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi, lembar observasi dan tes obyektif yang diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penerapan model SAVI berjalan dengan sangat efektif. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kontrol yang berarti adanya peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Didukung dengan N-gain kelompok eksperimen lebih baik dengan skor gain 0,54 daripada kelompok kontrol yang memperoleh skor gain 0,19. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran dengan menerapkan model SAVI berlangsung dengan sangat efektif, (2) hasil tes siswa menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran, (3) terdapat pengaruh penerapan model SAVI terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN 69 Galesong I Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:01
Last Modified: 02 Aug 2023 03:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33319

Actions (login required)

View Item View Item