Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran IPA terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Misra Riyandana (2023) Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran IPA terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (282kB)

Abstract

Misra Riyandana, 2022. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran IPA terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hamzah Pagarra dan Khaerunnisa). Penelitian ini menelaah rendahnya minat belajar siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah minat belajar siswa rendah khususnya pada mata pelajaran IPA dikarenakan materi yang cukup luas dan pada saat guru menjelaskan siswa terlihat tidak memperhatikan guru serta kurangnya pendampingan langsung orang tua dimana peran orang tua sangat dibutuhkan pada saat belajar dilaksananakan secara daring. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran penggunaan video pembelajaran IPA siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. (2) Untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran IPA terhadap minat belajar siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Desain dalam pebelitian ini adalah Nonequivalent Controll Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah video pembelajaran IPA sedangkan variabel terikatnya adalah minat belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Data dikumpulkan dari pembagian pre non test, treatment, dan post non test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran IPA terhadap minat belajar siswa berada pada kategori efektif, minat belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran IPA mengalami peningkatan, setelah dilakukan uji hipotesis dan analisis maka diperoleh hasil, terdapat pengaruh yang signifikan video pembelajaran IPA terhadap minat belajar siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan video pembelajaran IPA berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:57
Last Modified: 02 Aug 2023 02:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33318

Actions (login required)

View Item View Item