Pengaruh Proses BelajarDari Rumah (BDR) Dimasa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VB SD Inpres Mangasa 1 Kecamatan Rappocini kota Makassar

Indriyani Mangedong (2023) Pengaruh Proses BelajarDari Rumah (BDR) Dimasa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VB SD Inpres Mangasa 1 Kecamatan Rappocini kota Makassar.

[img] Text
Jurnal_Indriyani Mangedong_1747441025.pdf

Download (531kB)

Abstract

Indriyani Mangedong, 2021. Pengaruh Proses BelajarDari Rumah (BDR) Dimasa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VB SD Inpres Mangasa 1 Kecamatan Rappocini kota Makassar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Widya Karmila Sari Achmad, S.Pd., M.Pd. dan Ahmad Syawaluddin, S.Kom., M.Pd). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh proses belajar dari rumah dimasa pandemi Covid-19 Terhadap motivasi belajar siswa kelas VB SD Inpres Mangasa 1 Kecamatan Rappocini Makassar. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kuantitatif dengan sampel sebanyak 20 siswa dari kelas VB SD Inpres Mangasa 1 yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dan dokumentasi. Adapun instrumen : 1) Angket proses belajar dari rumah dimasa pandemi Covid-19, dan 2) Angket motivasi belajar siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengaruh proses belajar dari rumah dimasa pandemi Covid-19 sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar siswa. Data analisis dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) proses belajar dari rumah dimasa pandemi Covid-19 berada pada kategori sedang , 2) motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang dan 3) Proses belajar dari rumah dimasa pandemi Covid-19 memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VB SD Inpres Mangasa 1 Kecamatan Rappocini Makassar sebesar 41,3%. Selain itu rhitung> rtabel yaitu 0,643 > 0,378 yang artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak atau dengan kata lain terdapat pengaruh Proses belajar dari rumah dimasa pandemi Covid-19 terhadap motivasi belajar siswa kelas VB SD Inpres Mangasa 1 Kecamatan Rappocini Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:53
Last Modified: 02 Aug 2023 02:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33317

Actions (login required)

View Item View Item