Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kleas V SD Inpres Borongtala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

Sastry Dinda Mardiati Putri (2023) Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kleas V SD Inpres Borongtala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

[img] Text
Artikel_SASTRY DINDA MARDIATI PUTRI.pdf

Download (437kB)

Abstract

Sastry Dinda Mardiati Putri, 2022. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kleas V SD Inpres Borongtala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Lutfi B dan Rosdiah Salam). Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan aktivitas belajar. Aktivitas belajar merupakan proses yang menghasilkan output berupa hasil belajar dan siswa sebagai input yang melaksanakan proses pendidikan. Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran salah satunya adala model Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Borongtala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model Project Based Learning dan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Borongtala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik kualitatif dan teknik kuantitaif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan siswa, maupun hasil belajar siswa yakni pada pencapaian siklus I, aktivitas guru berada pada kategori baik, sedangkan aktivitas siswa berada pada kategori cukup, dan pada siklus II aktivitas guru berada pada kategori baik sedangkan aktivitas siswa berada kategori baik. Hasil belajar siswa siklus I berada pada kategori baik namun secara klasikal belum mencapai 80% keberhasilan pembelajaran sedangkan pada siklus II hasil belajar sudah mencapai lebih dari 80% keberhasilan pembelajaran. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus. Kesimpulan penelitian ini adalah model Project Based Learningdapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas V SD Inpres Borongtala Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:44
Last Modified: 02 Aug 2023 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33315

Actions (login required)

View Item View Item