Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi terhadap Keterampilan Menceritakan Kembali Cerita Fiksi Kelas IV SDN 66 Mario Kecematan Marioriawa Kabupaten Soppeng

Sitti Halijah, (2023) Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi terhadap Keterampilan Menceritakan Kembali Cerita Fiksi Kelas IV SDN 66 Mario Kecematan Marioriawa Kabupaten Soppeng.

[img] Text
PJE_SITTI HALIJAH.pdf

Download (909kB)

Abstract

Sitti Halijah, 2021. Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi terhadap Keterampilan Menceritakan Kembali Cerita Fiksi Kelas IV SDN 66 Mario Kecematan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dra.Amrah, S.Pd., M.Pd dan Dra. Nurfaizah AP,M.Hum). Penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimental yang bertujuan untuk ada tidaknya pengaruh penggunaan media video animasi dalam pembelajaran keterampilan menceritakan kembali cerita fiksi kelas IV SDN 66 Mario. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media video animasi dan Variabel terikatnya adalah keterampilan menceritakan kembali cerita fiksi. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental, dengan rencana penelitian Noneequivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 66 Mario Kecematan Marioriawa Kabupaten Soppeng sebanyak 2 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas IVa sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 15 orang dan kelas IVb sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 15 orang. Metode pengumpulkan data adalah tes berbicara, lembar observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes keterampilan menceritakan kembali cerita fiksi berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji hipotesis menggunakan independent sampel T-test. Berdasarkan hasil analisis statistic inferensial diperoleh nilai P=0,000 lebih kecil dari nilai α =0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media video animasi teks cerita fiksi terhadap keterampilan menceritakan kembali siswa kelas IV SDN 66 Mario Kecematan Marioriawa Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:37
Last Modified: 02 Aug 2023 02:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33314

Actions (login required)

View Item View Item