Pengaruh Media Game Interaktif Kahoot terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VB SDN 96 Mannanti Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai.

A Khusnul Khatimah (2023) Pengaruh Media Game Interaktif Kahoot terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VB SDN 96 Mannanti Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai.

[img] Text
Artikel_A.Khusnul Khatimah_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (548kB)

Abstract

A Khusnul Khatimah.2021. Pengaruh Media Game Interaktif Kahoot terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VB SDN 96 Mannanti Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Skripsi. Dibimbing oleh Hamzah Pagarra, S.Kom.,M.Pd dan Khaerunnisa, S.Pd.I. M.A. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah rendahnya minat belajar siswa kelas V SDN 96 Mannanti Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan media game interaktif kahoot di kelas VB SDN 96 Mannanti Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. (2) Untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa di kelas VB SDN 96 Mannanti Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media game interaktif kahoot terhadap minat belajar siswa kelas VB SDN 96 Mannanti Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Desain dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Variebel bebas dalam penelitian ini adalah media game interaktif kahoot sedangkan variabel terikatnya adalah minat belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Data dikumpulkan dari pembagian pre non test, treatment, dan post non test. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: pelaksanaan proses pembelajaran dengan media game interaktif kahoot terhadap minat belajar siswa berada pada kategori efektif, minat belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran dengan media game interaktif kahoot mengalami peningkatan,setelah dilakukan uji hipotesis dan analisis maka diperoleh hasil, terdapat pengaruh yang signifikan media game interaktif kahoot terhadap minat belajar siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Media game interaktif kahoot berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas VB SDN 96 Mannanti Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:33
Last Modified: 02 Aug 2023 02:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33313

Actions (login required)

View Item View Item