Pengembangan Video Interaktif Materi Perubahan Wujud Zat Berbasis Literasi Sains untuk Pembelajran Daring Siswa Kelas V SD. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.

Nursan (2023) Pengembangan Video Interaktif Materi Perubahan Wujud Zat Berbasis Literasi Sains untuk Pembelajran Daring Siswa Kelas V SD. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
PGSD_NURSAN_1747041050_ARTIKEL.pdf

Download (905kB)

Abstract

Nursan, 2021. Pengembangan Video Interaktif Materi Perubahan Wujud Zat Berbasis Literasi Sains untuk Pembelajran Daring Siswa Kelas V SD. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom., M.Pd dan Siti Raihan, S.Pd., M.Pd). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan video interaktif materi perubahan wujud zat berbasis literasi sains untuk pembelajaran daring siswa kelas V SD. Penelitian ini, mengembangkan produk yang berdasarkan pada hasil analisis kebutuhan siswa dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan angket dengan perhitungan menggunakan skala Likert. Produk yang dihasilkan berupa video interaktif yang dikembangkan menggunakan aplikasi filmora. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli dan diimplementasikan pada uji coba kelompok kecil, kelompok besar dan persepsi guru kelas V SD. Validasi dilakukan untuk mengetahui kelayakan terhadap video interaktif yang dikembangkan. Hasil validasi ahli materi diperoleh sebesar 92% dengan kategori sangat valid dan ahli media diperoleh sebesar 90.6% dengan kategori sangat valid. Respon peserta didik dan guru kelas V, hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 84% dengan kategori sangat layak dan uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 94% dengan kategori sangat layak. Serta, hasil persepsi guru kelas VA dan guru kelas VB masing�masing diperoleh sebesar 92% dan 90% dengan kategori sangat layak. Sehingga video interaktif materi perubahan wujud zat berbasis literasi sains untuk pembelajaran daring siswa kelas V SD layak dan dapat dipergunakan sebagai salah satu media belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:14
Last Modified: 02 Aug 2023 02:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33312

Actions (login required)

View Item View Item