Yuspita Dewi (2023) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III UPT SPF SD Negeri Bayang Kecamatan Tamalate Kota Makassar.
Text
ARTIKEL _ YUSPITA DEWI _ 1747042114 _ UNM.pdf Download (870kB) |
Abstract
Yuspita Dewi, 2021, Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III UPT SPF SD Negeri Bayang Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi ini “dibimbing oleh Ibu Khaerunnisa, S.Pd.I., MA. selaku pembimbing I dan Ibu Hj. Nurhaedah, S.Pd., M.Hum. selaku pembimbing II”. Penelitian ini memiliki latar belakang diantaranya melihat pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa di kelas III khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Rumusan masalah yang ditemukan, antara lain: (1) Bagaimana gambaran penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III, dan (2) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III. Penelitian ini bertujuan, antara lain: (1) Mengetahui gambaran penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III, dan (2) Mengetahui terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III. Materi yang dibahas peneliti adalah pembahasan tentang media pembelajaran, media audio visual, media video pembelajaran, belajar dan hasil belajar, serta pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen bentuk quasi eksperimental design. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di UPT SPF SD Negeri Bayang Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Variabel dari penelitian ini terbagi menjadi variabel bebas (x) yaitu media audio visual dan variabel terikat (y) yaitu hasil belajar bahasa Indonesia. Desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen (III.B) dan kelas kontrol (III.A). Jumlah siswa keseluruhan kelas III adalah 65 siswa, terdiri dari kelas III.B sebanyak 33 siswa dan III.A sebanyak 32 siswa. Sampel ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan bentuk sampling purposive. Prosedur pengumpulan data terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Teknik pengumpulan data antara lain, tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi dan tes. Teknik analisis data terdiri dari analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial antara lain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa: (1) Kegiatan pembelajaran dengan menggunaan media audio visual (video pembelajaran) berjalan efektif dan baik, dan (2) Terdapat pengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia terhadap penggunaan media audio visual
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 02:05 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 02:05 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33311 |
Actions (login required)
View Item |