Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SD Inpres Jenetallasa Kabupaten Gowa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Nurul Haisyah Aminah (2023) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SD Inpres Jenetallasa Kabupaten Gowa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel_Nurul Haisyah Aminah_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (559kB)

Abstract

Nurul Haisyah Aminah. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SD Inpres Jenetallasa Kabupaten Gowa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si dan Dr. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si). Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya minat belajar peserta didik. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran daring dan gambaran minat belajar IPA serta mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres Jenetallasa Kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah jenis kuantitatif non�eksperimen yang bersifat deskriptif dengan metode regresi linear sederhana untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara dua atau lebih variabel tanpa memberi perlakuan pada variabel tersebut. Variabel X dalam penelitian ini adalah pembelajaran daring dan variabel Y adalah minat belajar pada mata pelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Jenetallasa pada tahun ajaran 2020/2021 terdiri 2 tingkatan kelas yaitu kelas VA dan VB. Sampel dalam penelitian berjumlah 70 peserta didik, data diperoleh melalui angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil menunjukkan bahwa gambaran pembelajaran daring dan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA berada pada kategori cukup serta terdapat pengaruh positif atau signifikansi pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA sehingga hipotesis penelitian diterima.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:00
Last Modified: 02 Aug 2023 02:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33310

Actions (login required)

View Item View Item