Pengaruh Penerapan Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd Negeri 14 Bonto-Bonto Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep

Amridha (2023) Pengaruh Penerapan Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd Negeri 14 Bonto-Bonto Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep.

[img] Text
Artikel_Amridha_Universitas Negeri Makassarr.pdf

Download (454kB)

Abstract

Amridha. 2021. Pengaruh Penerapan Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd Negeri 14 Bonto-Bonto Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Muhammad Irfan, S.Pd., M.Pd dan Drs. Lutfi, B., M.Kes). Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen yang menggunakan rancanagan “Quasi Eksperimen Desing”yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model Student Facilitator And Explaining terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V Sdn 14 Bonto- Bonto Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Model Student Facilitator And Explaining sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan berbicara siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N 14 Bonto-Bonto. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas V SD Negeri 14 Bonto-Bonto berjumlah 35 siswa.Tehnik penarikan sampel yaitu Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis data inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh nilai Sig: 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model Student Facilitator And Explaining (SFAE) terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 14 Bonto-Bonto Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:56
Last Modified: 02 Aug 2023 01:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33309

Actions (login required)

View Item View Item