Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

Al Husnul Khatimah (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
ARTIKEL_AL HUSNUL KHATIMAH MZ_ UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.pdf

Download (492kB)

Abstract

Al Husnul Khatimah,2020. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu,M.Ed dan Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien,S.Pd.,M.Pd). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada kelas V SD Inpres Mariso 1 Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran quizizz terhadap minat belajar siswa kelas V SD Inpres Mariso 1 Kota Makassar. Variabel penelitian ini terdiri atas dua yaitu variabel bebas mencakup media pembelajaran quizizz dan variabel terikat mencakup Minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design, dengan tahap pre-test, treatment, dan post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Mariso 1 Kota Makassar yang berjumlah 54 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas kelas V A sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 25 siswa dan kelas V B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan melakukan pengujian hipotesis menggunakan t-test dengan jenis independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar setelah penggunaan media pembelajaran quizizz dapat dikategorikan tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran quizizz memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa kelas V SD Inpres Mariso 1 Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:47
Last Modified: 02 Aug 2023 01:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33307

Actions (login required)

View Item View Item