Pengaruh Penerapan Strategi Know-Want-Learned terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Negeri 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.

Nur Azizah (2023) Pengaruh Penerapan Strategi Know-Want-Learned terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Negeri 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.

[img] Text
Artikel_Nur Azizah_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (451kB)

Abstract

Nur Azizah, 2021. Pengaruh Penerapan Strategi Know-Want-Learned terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Negeri 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd., M.Hum dan Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd) Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan untuk melihat apakah terdapat pengaruh strategi Know-Want-Learned terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 141 Inpres Pa’rappunganta II. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui gambaran penerapan strategi Know-Want�Learned pada pembelajaran membaca pemahaman siswa; (2) Mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa, (3) Mengetahui pengaruh penerapan strategi Know-Want-Learned terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 141 Inpres Pa’rappunganta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi Know-Want-Learned sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca pemahaman. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN No 141 Inpers Pa’rappunganta II dengan sampel berjumlah 34 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Probability Sampling yaitu teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji statistik nonparametrik yaitu uji paired sample t-Test dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 23.0. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa (1) Penerapan strategi Know-Want�Learned pada pembelajaran membaca pemahaman berada pada kategori efektif (2) Terdapat peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum dan setelah perlakuan diberikan (3) Terdapat pengaruh penerapan strategi Know-Want�Learned terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:42
Last Modified: 02 Aug 2023 01:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33306

Actions (login required)

View Item View Item