Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Tebak Kata terhadap Hasil Keterampilan Membaca Siswa Kelas III SDN No. 1 Centre Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar

Nurjannah (2023) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Tebak Kata terhadap Hasil Keterampilan Membaca Siswa Kelas III SDN No. 1 Centre Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar.

[img] Text
Artikel_Nurjannah_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (718kB)

Abstract

Nurjannah, 2021, Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Tebak Kata terhadap Hasil Keterampilan Membaca Siswa Kelas III SDN No. 1 Centre Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar. Skripsi ini dibimbing oleh Pembimbing I Hj. Nurhaedah, S.Pd., M.Hum. dan Pembimbing II Hartoto, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan untuk melihat apakah ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe tebak kata terhadap hasil keterampilan membaca siswa kelas III SDN No. 1 Centre Pattallassang. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui gambaran penerapan pembelajaran kooperatif tipe tebak kata terhadap hasil keterampilan membaca siswa kelas III SDN No. 1 Centre Pattallassang ; (2) Mengetahui gambaran hasil keterampilan membaca siswa kelas III SDN No. 1 Centre Pattallassang; (3) Mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe tebak kata terhadap hasil keterampilan membaca siswa kelas III SDN No. 1 Centre Pattallassang. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment Design. Desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas penelitian ini yaitu pembelajaran kooperatif tipe tebak kata dan variabel terikatnya yaitu hasil keterampilan membaca. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 65 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik probability sampling yang dilakukan dengan cara simple random sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen (III A) dan kelas kontrol (III B). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji statistik nonparametrik yaitu uji Independent sample t-Test dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe tebak kata ini berjalan dengan efektif sehingga dapat meningkatkan hasil keterampilan membaca siswa. Hal tersebut juga menunjukkan adanya perbedaan hasil keterampilan membaca yang signifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata dengan penerapan pembelajaran konvensional. Hasil analisis uji Indenpendet sample t-Test nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil bahwa dengan penerapan model tebak kata memberikan pengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III SDN No. 1 Centre Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:32
Last Modified: 02 Aug 2023 01:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33304

Actions (login required)

View Item View Item