Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar.

Sitti Hadijah (2023) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar.

[img] Text
Artikel_Sitti Hadijah_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (426kB)

Abstract

Sitti Hadijah, 2021. Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar. Naskah skripsi ini dibimbing oleh Pembimbing I Drs. Latri, S.Pd,M.Pd dan Dra.St.Nursiah B, M.Pd selaku pembimbing II pada ProgramStudi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FakultasIlmu Pendidikan Universitas NegeriMakassar. Penelitian ini merupakan penelitian jenis pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menghasilkan produk yang layak untuk diterapkan pada pembelajaran di SD, khususnya di kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar. Penelitianini mengembangkan produk media interaktif yaitu aplikasi Badar Mat (Bangun Datar Matematika) berdasarkan tingkat kebutuhan dan perkembangan zaman sekarang ini.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (R&D), sedangkan dalam proses pembuatan produknya model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Model Allesi dan Trollip (2001), yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap planning (perencanaan), tahap design (desain) dan tahap development (pengembangan). Penelitian ini melibatkan dua validator, yaitu validator ahli materi dan validator ahli media. Selain itu juga melibatkan siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar sebagai responden. Berdasarkan hasil uji kelayakan yang ditinjau dari penilaian ahli materi yaitu sangat layak, dan penilaian ahli media yaitusangat layak. Begitupun dengan pengujian produk yang dilakukan oleh responden yaitu siswa kelas IV berada pada kategori sangat layak. Berdasarkan hasil yang didapatkan setelahmelakukan validasi dan uji produk oleh siswa didapatkan bahwa produk layak untuk digunakan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:28
Last Modified: 02 Aug 2023 01:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33303

Actions (login required)

View Item View Item