Pengaruh Penggunaan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kota Makassar

Febrianti (2023) Pengaruh Penggunaan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kota Makassar.

[img] Text
Artikel-Febrianti-Universitas Negeri Makassar.docx

Download (77kB)

Abstract

Febrianti, 2021, Pengaruh Penggunaan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Pembimbing I Dr. Amir Pada, M.Pd. dan Pembimbing II Sayidiman, S.Pd., M.Pd. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Prodi PGSD Makassar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah gambaran penggunaan Whatsapp selama proses pembelajaran di masa pandemi covid-19? Dan bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa setelah menggunakan Whatsapp sebagai media pembelajaran? Serta bagaimanakah pengaruh penggunaan Whatsapp terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan Whatsapp selama proses pembelajaran di masa pandemic covid-19, dan untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa setelah menggunakan Whatsapp sebagai media pembelajaran, serta mengetahui pengaruh penggunaan Whatsapp terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian expost-facto. Penelitian ini dilakukan pada Siswa Kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V sebanyak 41 siswa. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Sampling Jenuh . Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan diolah dengan teknik analisis statistik deskriptif dan uji analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Whtasapp sebagai media pembelajaran dilakukan tanpa hambatan, selanjutnya hasil belajar matematika siswa rata-rata berada di atas KKM sekolah, selanjutnya hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media Whtasapp terhadap hasil belajar matematika siswa. Kesimpulan hasil penelitian adalah: penggunaan Whatsapp selama proses pembelajaran berjalan dengan baik, hasil belajar matematika siswa rata-rata berada di atas KKM sekolah, dan terdapat pengaruh penggunaan Whatsapp sebagai media pembelajaran di masa pandemic covid-19 terhadap hasil belajar matematika siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:25
Last Modified: 02 Aug 2023 01:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33302

Actions (login required)

View Item View Item