Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA SDN 200 Bulue Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng

Rezky Pratama Astiana (2023) Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA SDN 200 Bulue Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng.

[img] Text
JURNAL REZKY PRATAMA ASTIANA 1647042034.docx

Download (61kB)

Abstract

Rezky Pratama Astiana, 2021. Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA SDN 200 Bulue Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Nur Abidah Idrus, S.Pd., M.Pd dan Dr. Widya Karmila Sari A, S.Pd., M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 200 Bulue Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 200 Bulue Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, tiap siklus meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitiannya yaitu penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V dengan jumlah siswa adalah 18 orang, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki, dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis pada hasil observasi aktivitas guru siklus I berada pada kategori Cukup (C), dan pada siklus II berada pada kategori Baik (B). Sejalan hal tersebut hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori Kurang (K) dan siklus II berada pada kategori Baik (SB). Selain itu nilai hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai ketuntasan masih berada pada kategori Cukup (C) sedangkan pada siklus II berada pada kategori Sangat Baik (SB). Dapat di simpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs di kelas V SDN 200 Bulue Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:33
Last Modified: 01 Aug 2023 07:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33300

Actions (login required)

View Item View Item