Pengaruh dukungan sosial dan kecemasan terhadap tingkat nyeri dismenore pada remaja di SMA Negeri 16 Makassar. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Aulia, Afriany (2014) Pengaruh dukungan sosial dan kecemasan terhadap tingkat nyeri dismenore pada remaja di SMA Negeri 16 Makassar. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Aulia Afriany.docx

Download (15kB)

ABSTRAK Aulia Afriany. 2014. Pengaruh dukungan sosial dan kecemasan terhadap tingkat nyeri dismenore pada remaja di SMA Negeri 16 Makassar. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Dismenore merupakan gangguan menstruasi yang ditandai dengan rasa sakit yang menyerang perut bagian bawah hingga mencapai daerah panggul dan paha, yang dialami individu sebelum dan sesaat menstruasi karena kontraksi otot pada dinding rahim yang menghambat aliran darah. Dismenore menjadi masalah kesehatan umum di masyarakat yang mempengaruhi kualitas hidup individu. Faktor fisik dan psikologis penderita nyeri turut andil dalam mempengaruhi tingkat nyeri dismenore. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan kecemasan dengan tingkat nyeri remaja di SMA Negeri 16 Makassar. Subjek dalam penelitian ini adalah 150 orang yang terdiri dari remaja putri berusia 15 sampai 17 tahun yang diketahui telah mengalami menarche minimal satu tahun dan belum mengalami menopause, tinggal bersama orang tua, dan diketahui mengalami dismenore. Pengumpulan data dilakukan terhadap remaja di SMA Negeri 16 Makassar dengan menggunakan skala dukungan sosial, skala depression, anxiety, and stress scale (DASS) dan skala perbandingan nyeri. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil menunjukkan nilai P=0,007, R-square=0,064, dan Fhitung=5,065. Hasil analisis menunjukkan bahwa dukungan sosial dan kecemasan bersama-sama memiliki pengaruh terhadap tingkat nyeri dismenore pada remaja di SMA Negeri 16 Makassar (Fhitung > Ftabel = 5,065 > 3,00). Besar sumbangsih efektif dukungan sosial dan kecemasan terhadap tingkat nyeri adalah sebesar 6,4%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa dukungan sosial dan kecemasan memiliki pengaruh yang rendah terhadap tingkat nyeri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:15
Last Modified: 06 Apr 2017 01:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item