Efektivitas WhatsApp sebagai Media Pembelajaran Daring terhadap Proses Belajar Mengajar Kelas V SD lnpres Tangkala II Kecamatan Biring Kanaya Kota Makassar

Kusumaningrum Erna (2023) Efektivitas WhatsApp sebagai Media Pembelajaran Daring terhadap Proses Belajar Mengajar Kelas V SD lnpres Tangkala II Kecamatan Biring Kanaya Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL_1747040010_ERNA KUSUMANINGRUM.pdf

Download (816kB)

Abstract

Kusumaningrum, Erna. 2021. Efektivitas WhatsApp sebagai Media Pembelajaran Daring terhadap Proses Belajar Mengajar Kelas V SD lnpres Tangkala II Kecamatan Biring Kanaya Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh St. Nursiah B dan Amir Pada). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas WhatsApp sebagai media pembelajaran daring terhadap proses belajar mengajar kelas V SD Inpres Tangkala II Kecamatan Biring Kanaya Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V di SD Inpres Tangkala II tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V B berjumlah 36 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket gabungan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah menggunakan WhatsApp sebagai media pembelajaran daring dalam proses belajar mengajar. Segala aktivitas belajar mengajar berpusat pada WhatsApp mulai dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Hal ini juga didukung oleh sebagian besar siswa kelas V B yang menunjukkan respon positif terhadap penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran daring. Indikator untuk menentukan keefektifan WhatsApp sebagai media pembelajaran daring antara lain: 1) mudah digunakan; 2) meningkatkan minat belajar siswa; 3) membantu siswa dalam memahami konsep dengan benar; dan 4) mudah mengakses materi pelajaran. Berdasarkan keempat indikator tersebut, penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran daring terhadap proses belajar mengajar kelas V di SD Inpres Tangkala II dikatakan efektif

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:29
Last Modified: 01 Aug 2023 07:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33299

Actions (login required)

View Item View Item