Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Pembelajaran Daring di UPT SDN 28 Kabupaten Pinrang. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Andi Ade Irma (2023) Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Pembelajaran Daring di UPT SDN 28 Kabupaten Pinrang. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

[img] Text
Artikel_Andi Ade Irma_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (491kB)

Abstract

Andi Ade Irma, 2021. Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Pembelajaran Daring di UPT SDN 28 Kabupaten Pinrang. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. H. Amir Pada., M.Pd dan Sayidiman, S.Pd., M.Pd). Latar belakang penelitian ini untuk mengetahui persepsi orang tua siswa terhadap pembelajaran daring. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimana persepsi orang tua siswa terhadap pembelajaran daring selama pandemi Covid 19. Yang bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi orang tua siswa terhadap pembelajaran daring di UPT SDN 28 Kabupaten Pinrang. Pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SDN 28 Pinrang. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kuantitatif deskriptif. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi orang tua siswa terhadap pembelajaran daring. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa UPT SDN 28 Pinrang yang berjumlah 196, adapun teknik pengambilan sampel menggunakan probably sampling dengan simple random sampling yakni kelas tinggi IV,V,VI yang berjumlah 27 orang tua siswa. Teknik pengambilan data menggunakan instrument angket. Teknik analisis data yaitu dengan analisis statistik deskriptif (Statistic Descriptive). Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa (1) persepsi orang tua terhadap pembelajaran daring ditinjau dari tanggapan secara keseluruhan, diperoleh rata-rata skor total sebesar 642 dan tingkat capaian responden sebanyak 59,44% dengan kategori cukup positif, (2) mengenai persepsi orang tua terhadap pembelajaran daring ditinjau dari pendapat secara keseluruhan, diperoleh rata-rata skor total sebesar 674 dan tingkat capaian responden sebanyak 62,41% dengan kategori cukup negatif. (3) persepsi orang tua terhadap pembelajaran daring ditinjau dari pendapat secara keseluruhan, diperoleh rata-rata skor total sebesar 709 dan tingkat capaian responden sebanyak 65,65% dengan kategori cukup positif. Berdasarkan hasil analisis data tersebut persepsi orang tua siswa terhadap pembelajaran daring secara keseluruhan cukup baik ditinjau dari penilaian dengan persentase terbesar dan tingakat pencapaian sebesar 65.65%. hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring berdasarkan persepsi orang tua siswa dirasa efesien dari segi penyajian informasi, waktu, serta media yang disajikan oleh guru untuk proses belajar mengajar siswa selama pandemi Covid 19. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring diterima dengan baik sebagai pengganti pembelajaran konvensional atau tatap muka untuk diterapkan di UPT SDN 28 Pinrang sebagai sekolah yang terdampak oleh pandemi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:21
Last Modified: 01 Aug 2023 07:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33298

Actions (login required)

View Item View Item