Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Lanraki I Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar

Salim, Nurul Fadilah (2023) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Lanraki I Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL_1747040012_NURUL FADILAH SALIM_PGSD_FIP_UNM.pdf

Download (940kB)

Abstract

Salim, Nurul Fadilah. 2021. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Lanraki I Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh: Dra. St. Nursiah B, M.Pd dan Dr. Amir Pada, M.Pd). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Inpres Lanraki I Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survai dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V di SD Inpres Lanraki I tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 2 rombel kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A berjumlah 31 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket terbuka, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan orang tua siswa kelas V SD Inpres Lanraki I sebagian besar berpendidikan tinggi dengan prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa kelas V termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial uji hipotesis menggunakan regresi uji linear sederhana menunjukkan nilai signifikansi uji-F dan uji-t sebesar 0,950 lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Inpres Lanraki I Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:11
Last Modified: 01 Aug 2023 07:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33297

Actions (login required)

View Item View Item