Article #33295

Hasmawati (2023) UNSPECIFIED

[img] Text
JURNAL_HASMAWATI_UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR_ PGSD17-.pdf

Download (431kB)

Abstract

Hasmawati, 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V UPT SDN 55 Bontoa Kecamatan Minasate’ne Kabupaten Pangkep. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Rosdiah Salam dan Syamsiah D. Masalah dalam penelitian ini adalah koneksi jaringan internet yang lambat, kurangnya apresiasi siswa dalam menanggapi materi yang diberikan oleh guru,serta kurangnya motivasi siswa dalam mengumpulkan tugas yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui gambaran pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V UPT SDN 55 Bontoa Kecamatan Minasate’ne Kabupaten Pangkep, 2) untuk mengetahui gambaran efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V UPT SDN 55 Bontoa Kecamatan Minasate’ne Kabupaten Pangkep, dan 3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V UPT SDN 55 Bontoa Kecamatan Minasate’ne Kabupaten Pangkep. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain bentuk Pretest Posttest Control Group Design, dengan tahap pre non test, treatment, dan post non test. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup pembelajaran daring dan variabel terikat mencakup efektivits pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, dan VI sedangkan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dimana siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang dan siswa kelas VB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan melakukan pengujian hipotesis menggunakan t-test dengan jenis independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka kesimpulan penelitian ini adalah gambaran pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V dikategorikan baik, gambaran efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V masuk dalam kategori efektif, serta adanya pengaruh pembelajaran daring terhadap efektivitas pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:01
Last Modified: 01 Aug 2023 07:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33295

Actions (login required)

View Item View Item