Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sistem Robotika Berbasis Mikrokontroler Di Era Industri 4.0

Wahyudi, Wahyudi and Amiruddin, Amiruddin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sistem Robotika Berbasis Mikrokontroler Di Era Industri 4.0. Jurnal Nalar Pendidikan, 11 (1). ISSN p-ISSN : 2339-0794 e-ISSN : 2477-0515

[img] Text (Artikel - Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sistem Robotika Berbasis Mikrokontroler Di Era Industri 4.0)
Artikel PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SISTEM ROBOTIKA.pdf - Published Version

Download (656kB)
[img] Text (Turnitin - Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sistem Robotika Berbasis Mikrokontroler Di Era Industri 4.0)
Turnitin PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SISTEM ROBOTIKA.pdf - Supplemental Material

Download (691kB)

Abstract

Pendekatan pembelajaran rekayasa sistem robotika di era industri 4.0 mencakup pemanfaatan teknik-teknik pembelajaran mesin (machine learning) dan pendekatan lain yang berfokus pada kemampuan sistem untuk belajar, beradaptasi, dan mengoptimalkan kinerja mesin. Penelitian ini bertujuan 1) mengembangkan perangkat pembelajaran (rps, silabus, buku ajar dan kontrak kuliah) pada pembelajaran rekayasa sistem robotik 2) mendeskripsikan kualitas pengembangan sebuah perangkat pembelajaran (rps, kontrak kuliah, buku ajar dan silabus) pada pembelajaran sistem robotik untuk mencapai kriteria kualitas sangat layak, praktis dan efektif. Penelitian berupa pengembangan perangkat pembelajaran rekayasa sistem robotika dengan model ADDIE melalui uji coba perseorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. uji coba kelompok kecil dilakukan pada mahasiswa yang telah memprogramkan pembelajaran dasar mikrokontroler di jurusan pendidikan teknik elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT-UNM). Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli media, validasi materi dan instrumen respon mahasiswa Untuk mengetahui valid dan kepraktisan data dilakukan analisis berupa konversi data kuantitatif skor penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar yang terdiri dari empat skala. Hasil validasi ahli desain terkategori sangat layak, hasil validasi ahli materi terkategori sangat layak, hasil uji coba responden mulai dari uji perseorangan sampai uji kelompok besar mahasiswa terkategori sangat praktis, serta dalam uji kefektivan berdasarkan hasil pretest dan postest mendapat kategori efektif. kesimpulan dari hasil validasi, uji coba dan revisi adalah perangkat pembelajaran rekayasa sistem robotik yang di kembangkan sangat layak, efektif dan praktis diterapkan dalam pembelajaran sistem mikrokontroler

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Amiruddin Amiruddin
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:49
Last Modified: 01 Aug 2023 06:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33293

Actions (login required)

View Item View Item