Article #33292

Irfina Khairunnisa (2023) UNSPECIFIED

[img] Text
BISMILLAH ARTIKEL Irfina Khairunnisa.pdf

Download (566kB)

Abstract

Irfina Khairunnisa, 2021. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SDN N0.133 Inpres Pari’risi Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Drs. Latri Aras, S.Pd.,M.Pd dan Dra. St Nursiah B, M.Pd). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SDN N0.133 Inpres Pari’risi Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar. Variabel bebas dalam penelitian menggunakan model pembelajaran discovery learning, variabel terikatnya ialah hasil belajar matematika. Pemilihan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik probability sampling tepatnya teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes pada ranah kognitif kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji Independent sample T-Test. Hasil penelitian yang telah dilakukan berdasarkan hasil analisis lembar observasi diperoleh penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat terlaksana secara maksimal karena proses pembelajaran meningkat disetiap pertemuannya. Kemudian berdasarkan hasil analisis statistic deskriptif diperoleh nilai pretest kelas eksperimen sebesar 61,18 sedangkan nilai pretest kelas control sebesar 52,27. Serta nilai posttest kelas eskperimen sebesar 83,82 kemudian nilai posttest kelas control sebesar 72,27 hal ini menjadikan nilai prosttest kelas eksperimen meningkat secara signifikan karena adanya penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning. Kemudian keberhasilan penggunaan model dapat dilihat berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh nilai probabilitas pada posttest kedua kelas yaitu P= 0,000 lebih kecil dari α= 0,05. Disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN N0.133 Inpres Pari’risi Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:19
Last Modified: 01 Aug 2023 06:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33292

Actions (login required)

View Item View Item