Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Youtube terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SD Negeri 184 Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupataen Bulukumba. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Lilis Juita, (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Youtube terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SD Negeri 184 Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupataen Bulukumba. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
PGSD_LILIS JUITA_ARTIKEL.pdf

Download (461kB)

Abstract

Lilis Juita, 2021, Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Youtube terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SD Negeri 184 Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupataen Bulukumba. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh St. Nursiah B dan Hj Rohana) Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran video youtube terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SD Negeri 184 Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Variable bebas pada penelitian ini adalah media pembelajaran video youtube sedangkan varibel terikatnya adalah hasil belajar tematik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 184 Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 52 orang, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas V A yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen, kemudian kelas V B yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi keterlaksanaan proses pembelajaran, tes pilihan ganda yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu pretest dan posttest serta dokumentasi berupa perangkat pembelajaran dan dokumen penelitian. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensiaal. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen meningkat setelah diberikan media pembelajaran video youtube dibuktikan rata-rata hasil tes belajar tematik meningkat setelah diberikan perlakuan media pembelajaran video youtube. Berdasarkan hasil statistik inferensial diperoleh nilai Thitung>Ttabel atau Sig<α. Maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan media pembelajaran video youtube terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SD Negeri 184 Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:15
Last Modified: 01 Aug 2023 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33291

Actions (login required)

View Item View Item