Pengembangan Multimedia Interaktif Membaca Berbasis Game Edukasi untuk Siswa Kelas I SD Telkom Makassar.

Habdi Cipta Negara (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Membaca Berbasis Game Edukasi untuk Siswa Kelas I SD Telkom Makassar.

[img] Text
Artikel_Habdi Cipta Negara_Universitas Negeri Makassar-dikonversi.pdf

Download (659kB)

Abstract

Habdi Cipta Negara, 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif Membaca Berbasis Game Edukasi untuk Siswa Kelas I SD Telkom Makassar. Skripsi. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Irfan, S.Pd M.Pd dan Drs. Lutfi B, M.Kes). Pengembangan multimedia interaktif membaca berbasis game edukasi untuk siswa kelas 1 SD Telkom Makassar dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa yakni 3 orang siswa dari kelas 1A belum lancar membaca, siswa juga belum mampu membedakan beberapa huruf yang hampir sama seperti “b” dan “d” serta “m” dan “n” serta siswa lainnya masih perlu diberikan latihan agar dapat terbiasa dengan membaca. Sedangkan untuk kelas 1B, ditemukan 4 orang siswa dengan karakteristik permasalahan yang hampir sama, yaitu belum lancar membaca dan belum mampu merangkai beberapa huruf menjadi sebuah kata. Guru masih mengandalkan buku tema untuk mengajar siswa dalam belajar membaca yang kurang menarik minat siswa. Permasalahan ini juga diakibatkan oleh pandemi covid-19 yang tidak memungkinkan guru untuk melangsungkan bimbingan secara langsung. Ditambah lagi peran orang tua siswa yang kurang maksimal dalam membimbing anaknya untuk belajar membaca dikarenakan kesibukan dalam bekerja. Jika dilihat dari kesiapan alat penunjang pembelajaran, siswa kelas I sudah memiliki handphone atau laptop dan mampu mengoperasikannya. Sehingga perlu adanya inovasi media pembelajaran yang dapat digunakan untuk belajar membaca guna menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi 8 tahap meliputi: a) potensi dan masalah, b) pengumpulan data, c) desain produk, d) validasi desain, e) revisi desain, f) uji coba produk, g) revisi produk, h) produk akhir. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket yang ditujukan kepada ahli media dan ahli materi untuk menilai kevalidan produk, serta ditujukan kepada siswa dan guru untuk menilai kelayakan produk. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 65 dengan persentase sebesar 86% termasuk ke dalam kriteria “Sangat Valid”. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 63 dengan persentase 84% termasuk ke dalam kriteria “Sangat Valid”. Hasil penilaian oleh siswa kelas 1 SD Telkom Makassar diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 2133 dengan persentase 94% termasuk ke dalam kriteria “Sangat Layak”. Sedangkan hasil penilaian oleh wali kelas 1 SD Telkom Makassar diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 67 dengan persentase 89% termasuk ke dalam kriteria “Sangat Layak”. Sehingga dengan adanya hasil penelitian ini, dapat menjadi tambahan referensi untuk penelitian selanjuntya dan menjadi inovasi dalam mengembangkan media pembelajaran terutama pada SD.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:07
Last Modified: 01 Aug 2023 06:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33289

Actions (login required)

View Item View Item