Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 21 Kampung Beru Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto

Artati (2023) Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 21 Kampung Beru Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto.

[img] Text
ARTATI JOURNAL INTERNASIONAL.pdf

Download (379kB)

Abstract

Artati, 2021. Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 21 Kampung Beru Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar dibimbing oleh Dr.Widya Karmila Sari Achmad S.Pd., M.Pd dan Dra. Nurfaizah AP, M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran. Adapun rumusan masalah (1) Bagaimana gambaran Penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran IPS Kelas IV SDN 21 Kampung Beru kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto? (2) Bagaimana gambaran motivasi belajar siswa setelah penggunaan media audiovisual? (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS dikelas IV SDN 21 Kampung Beru Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto?. Tujuan penelitian ini: (1)Untuk mengetahui bagaimana gambaran penggunaan media audiovisual pada pembelajaran IPS Kelas IV SDN 21 Kampung Beru Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto.(2) Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa setelah penggunaan media audiovisual pada pembelajaran IPS disekolah SDN 21 Kampung Beru Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 21 Kampung Beru Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatifdengan jenis penelitian Eksperimen.Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 28 orang dengan menggunakan sampling jenuh karena siswa kurang dari 30 atau relative kecil. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Uji normalitas menggunakan kolmogorov-smirnov Normality Test dengan data pretest dan posttest berdistribusi normal. Hasil pretest berada pada kategori baik. Hasil posttest berada pada kategori sangat setuju. Uji hipotesis menggunakan paired sample T Test dengan data pretest dan data posttest terdapat pengaruh. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 21 Kampung Beru Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:02
Last Modified: 01 Aug 2023 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33288

Actions (login required)

View Item View Item