Peningkatan Keterampilan menulis karangan Narasi Menulis Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Siswa Kelas V SD Negeri 46 Membura Kabupaten Enrekang.

Nada Samsuddin (2023) Peningkatan Keterampilan menulis karangan Narasi Menulis Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Siswa Kelas V SD Negeri 46 Membura Kabupaten Enrekang.

[img] Text
J. UNM.pdf

Download (200kB)

Abstract

Nada Samsuddin, 2020. Peningkatan Keterampilan menulis karangan Narasi Menulis Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Siswa Kelas V SD Negeri 46 Membura Kabupaten Enrekang. Naskah Skripsi ini dibimbing oleh Pembimbing I Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd., M.Pd dan Drs.Nasaruddin, S.Pd., M,Pd selaku Pembimbing II pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya keterampilan menulis dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 46 Membura Kabupaten Enrekang. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas V di SDNegeri 46 Membura Kabupaten Enrekang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis melalui penggunaan model Mind Mapping pada siswa kelas V SD Negeri 46 Membura Kabupaten Enrekang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran Mind Mapping dan keterampilan menulis karangan narasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 25 orang, terdiri dari 12 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan teknik analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping tentang menulis karangan narasi dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SD Negeri 46 Membura Kabupaten Enrekang dan juga ada peningkatan keterampilan guru menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 pada kategori cukup dan pertemuan 2 dikategori cukup dan pada siklus II dikategori baik. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 pada kategori kurang dan pertemuan 2 pada kategori cukup dan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus II pertemuan 1 dan pertemuan 2 pada kategori baik. Selain itu, dilihat juga dari hasil tes siswa siklus I dikategori kurang dan pada siklus II dikategori baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis karagan narasi dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 46 Membura Kabupaten Enrekang

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 05:57
Last Modified: 01 Aug 2023 05:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33287

Actions (login required)

View Item View Item