Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada muatan pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 91 Desa Tamalate Soreang Kecamatan Galesong Utara.

Lindawati (2023) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada muatan pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 91 Desa Tamalate Soreang Kecamatan Galesong Utara.

[img] Text
ARTIKEL_LINDAWATI_UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.1.pdf

Download (389kB)

Abstract

Lindawati, 2021. Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada muatan pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 91 Desa Tamalate Soreang Kecamatan Galesong Utara. Skripsi ini dibimbing oleh dosen pembimbing I Sayidiman, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Hartoto, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh penerapan model discovery learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV IPA SD Negeri 91 Soreang. Desain penelitian yang digunakan adalah Non equivalent Control Group Design. Variabel bebas penelitian ini adalah model discovery learning . Variabel terikat aktivitas dan hasil belajar. Populasi penelitian 40 siswa dengan jumlah laki-laki 25 orang dan jumlah perempuan 15 orang yang terdiri dari dua kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah purpose sampling. Instrumen yang peneliti gunakan berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasii dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan independent sample T-test Hasil uji hipotesis menunjukkan model discovery learning memiliki efek pada hasil belajar. Penerapan model discovery learning pada kelas IV SD Negeri 91 Soreang berada pada kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA pada kelas kontrol dan eksperimen berada pada kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 91 Soreang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 05:54
Last Modified: 01 Aug 2023 05:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33286

Actions (login required)

View Item View Item