Hubungan peran orangtua sebagai motivator dan prestasi belajar siswa kelas II SD Inpres Pai 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

MUTMAINNAH (2023) Hubungan peran orangtua sebagai motivator dan prestasi belajar siswa kelas II SD Inpres Pai 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

[img] Text
Mutmainnah_1747040009_Artikel.pdf

Download (838kB)

Abstract

MUTMAINNAH, 2021. Hubungan peran orangtua sebagai motivator dan prestasi belajar siswa kelas II SD Inpres Pai 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Skripsi di bimbing oleh Pembimbing I St. Nursiah B dan Pembimbing II Amir Pada. Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran peran orang tua sebagai motivator dan gambaran prestasi belajar siswa kelas II SD Inpres Pai 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, serta adakah hubungan peran orang tua sebagai motivator dan prestasi belajar siswa kelas II SD Inpres Pai 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peran orang tua sebagai motivator dan gambaran prestasi belajar siswa kelas II SD Inpres Pai 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, serta untuk mengetahui adakah hubungan peran orang tua sebagai motivator prestasi belajar siswa kelas II di SD Inpres Pai 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Inpres Pai 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar yang seluruhnya berjumlah 68 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisi korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran orang tua sebagai motivator berada pada kategori tinggi (2) prestasi belajar siswa berada pada kategori tinggi, dan (3) ada hubungannya yang signifikan antara peran orang tua sebagai motivator dengan prestasi belajar siswa kelas II SD Inpres Pai 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 05:48
Last Modified: 01 Aug 2023 05:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33284

Actions (login required)

View Item View Item