Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 6 Bilacaddi Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar.

Musfirah Hayati (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 6 Bilacaddi Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar.

[img] Text
Artikel_Musfirah Hayati_PGSDFIP UNM Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (926kB)

Abstract

Musfirah Hayati, 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 6 Bilacaddi Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nasaruddin dan Rosdiah Salam). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pre-eksperimental design dalam bentuk desainnya menggunakan One Group Pretest Posttest yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran gallery walk terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 6 Bilacaddi Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran gallery walk, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 6 Bilacaddi Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar, dan sampelnya berjumlah 25 siswa dari jumlah keseluruhan populasi. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi IPA berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yaitu dengan Analisis Statistik Deskriptif, Uji Hipotesis, dan Uji Normalitas. Dan berdasarkan dari hasil analisis statistik inferensial diperoleh data yang signifikan. Sehingga hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran gallery walk berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 6 Bilacaddi Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takala

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 05:45
Last Modified: 01 Aug 2023 05:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33283

Actions (login required)

View Item View Item