Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V UPT SPF SD Negeri Daya II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar

Ridhayani Triastuti (2023) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V UPT SPF SD Negeri Daya II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

[img] Text
Artikel_Ridhayani Triastuti_PGSDFIP UNM Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (905kB)

Abstract

Ridhayani Triastuti, 2021. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V UPT SPF SD Negeri Daya II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh dosen Dr. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. dan Andi Makkasau, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Daya II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Daya II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Discovery Learning dan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V B UPT SPF SD Negeri Daya II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 15 orang. Pengumpulan data menggunakan format observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan, pada siklus I pertemuan I dan II berada pada kategori cukup (C) sedangkan pada siklus II pertemuan I dan II berada pada kategori baik (B). Hasil belajar siswa pada siklus I dengan persentase 53,33% berada pada kategori kurang (K) sehingga ketuntasan hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPA belum tuntas secara klasikal 80%, sedangkan pada siklus II dengan persentase 93,33% hasil belajar siswa sudah meningkat berada pada kategori baik (B) sehingga ketuntasan hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPA sudaah tuntas secara klasikal 80%, dan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Daya II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 05:41
Last Modified: 01 Aug 2023 05:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33282

Actions (login required)

View Item View Item