Hubungan antara minat baca terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 30 Rumaju Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

ELSA HARUNA DEWI (2023) Hubungan antara minat baca terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 30 Rumaju Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel-ELSA HARUNA DEWI-Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (580kB)

Abstract

ELSA HARUNA DEWI, 2021. Hubungan antara minat baca terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 30 Rumaju Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Khaerunnisa, S.Pd.I., M.A selaku pembimbing I, dan Hikmawati Usman, S.Pd.,M.Pd selaku pembimbing II. Pendidikan abad 21 merupakan pendidikan yang mengintegrasikan antara kecakapan pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Salah satu kecakapan pengetahuan yaitu kegiatan membaca. Kegiatan membaca harus didasari dengan minat baca. Minat merupakan faktor yang sangat penting dalam kegiatan belajar siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Untuk itu, perlunya penanaman minat baca sejak dini terhadap siswa sekolah dasar agar minat membaca di dalam diri tertanam sampai pada jenjang pendidikan selanjutnya. Apabila minat baca siswa baik maka akan baik pula hasil belajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif non eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Penggunaan pendekatan kuantitatif deskriptif karena peneliti ingin mengetahui hubungan minat baca terhadap hasil belajar. Tujuan dari penelitian deskriptif adalah untuk membuat deskripsi, gambaran serta hubungan antara fenomena yang diselidiki secara nyata. Hasil statistik deskriptif minat baca siswa di kelas IV berada pada kategori sedang. Sedangkan Hasil statistik deskriptif hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas IV juga berada pada kategori sedang. Pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji Product Moment menunjukkan nilai Signifikansi yang baik antara minat baca dan hasil belajar Bahasa Indonesia. Hasil ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 30 Rumaju Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu. Serta dalam meningkatkan minat baca siswa perlu diterapkan kegiatan membaca di sekolah agar minat yang ada pada diri siswa dapat ditimbulkan melalui kegiatan membaca.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 05:37
Last Modified: 01 Aug 2023 05:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33281

Actions (login required)

View Item View Item