Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Jenetallasa Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Gita Senja Sari (2023) Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Jenetallasa Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Gita Senja Sari_FIP_Universitas Negeri Makassar_Artikel.pdf

Download (486kB)

Abstract

Gita Senja Sari,2021. Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Jenetallasa Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar, “dibimbing oleh Erma Suryani Sahabuddin dan Andi Makkasau” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang bersifat konvensional yakni lebih terpusat pada guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa V SD Inpres Jenetallasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Jenetallasa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan observasi, serta refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru dan siswa melalui observasi, tes hasil belajar dan pengamatan dokumen. Berdasarkan hasil refleksi yang dilaksanakan pada siklus I diketahui bahwa hanya sebagian kecil siswa yang dapat mencapai indikator keberhasilan, pada hasil refleksi siklus II diperoleh data bahwa sebagian besar siswa telah mencapai indikator keberhasilan untuk materi yang sama dengan siklus I. Sedangkan hasil refleksi siklus II diperoleh data bahwa siswa yang mencapai indikator keberhasilan mengalami peningkatan dibanding dengan siklus I untuk materi yang berbeda. Kesimpulannya adalah penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa dalam kelas V SD Inpres Jenetallasa kecamatan Pallangga kabupaten Gowa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:38
Last Modified: 01 Aug 2023 03:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33278

Actions (login required)

View Item View Item