Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri No. 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polut Kabupaten Takalar

Faisal Salim (2023) Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri No. 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polut Kabupaten Takalar.

[img] Text
ARTIKEL_FAISAL SALIM_1747042034_PGSD FIP UNM.pdf

Download (794kB)

Abstract

Faisal Salim, 2021. Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri No. 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polut Kabupaten Takalar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd., M.Pd., dan Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu (1) bagaimana gambaran penggunaan media animasi pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri No. 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polut Kabupaten Takalar; (2) bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan media animasi pada mata pelajaran IPA; dan (3) apakah terdapat pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui gambaran penggunaan media animasi pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri No. 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polut Kabupaten Takalar, untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan dengan desain quasi experimental. Variabel penelitian terdiri dari dua, yaitu variabel bebas penggunaan media animasi dan variabel terikat hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Adapaun populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No. 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polut Kabupaten Takalar, sedangkan sampelnya adalah kelas IV B dengan jumlah 13 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel sampling purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen meningkat setelah penggunaan media animasi. Kemuadian berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai Sig. (2-tailed) dari hasil uji independent sample t-test sebesar 0,049 dan nilai tersebut lebih kecil dari nilai signifikansi yang telah ditentukan α = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media animasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri No. 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polut Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:33
Last Modified: 01 Aug 2023 03:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33277

Actions (login required)

View Item View Item