Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

Nurfajria (2023) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL NURFAJRIA 1747040006.docx

Download (53kB)

Abstract

Nurfajria, 2021. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed dan Dra. Hj. Amrah, S.Pd.,M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah kurang perhatian siswa pada mata pelajaran IPA disebabkan karena siswa kurang berminat pada saat proses pembelajaran dikarenakan materi yang cukup yang luas dan saat guru menyampaikan materi siswa terlihat bosan sehingga pada saat proses pembelajaran, siswa saling mengganggu dan tidak memperhatikan, sebagian siswa juga terlihat mengantuk dengan pembelajaran yang monoton dengan cara konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah gambaran penggunaan media audio visual pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD, bagaimanakah gambaran minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD, apakah terdapat pengaruh signifikan penggunaan media audio visual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran penggunaan media audio visual pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD, untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD, untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan media audio visual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain bentuk Pretest�Posttest Control Group Design., dengan tahap pre non test, treatment, dan post non test. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup media audio visual dan variabel terikat mencakup minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV UPTD SPF SDN 63 Kawarang Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan melakukan pengujian hipotesis menggunakan t-test dengan jenis independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual pada mata pelajaran IPA dapat dikategorikan sangat efektif. Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Kesimpulan penelitian ini adalah media audio visual memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV UPTD SPF SDN 63 Kawarang Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:54
Last Modified: 01 Aug 2023 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33275

Actions (login required)

View Item View Item