Hubungan antara Penguatan Positif dengan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Gunung Sari

UNSPECIFIED (2023) Hubungan antara Penguatan Positif dengan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Gunung Sari.

[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (4MB)

Abstract

Irfan, 2020. Hubungan antara Penguatan Positif dengan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Gunung Sari I.Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau., M.Si dan Drs. Latri., S.Pd.,M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah dalam pembelajaran di kelas hanya beberapa siswa yang aktif dan antusias mengikuti mata pelajaran matematika, sedangkan sebagian lainnya tidak demikian. Rendahnya minat siswa terhadap mata pelajaran matematika salah satunya disebabkan oleh adanya gambaran (image) sebagian besar siswa bahwa matematika adalah pelajaran yang super rumit, rajanya pelajaran studi. Selain itu setelah proses pembelajaran berlangsung penguatan yang diberi oleh guru tersebut belum optimal baik secara verbal maupun nonverbal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang signifikan antara penguatan positif dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara penguatan positif dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah korelasi. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup penguatan positif dan variabel terikat mencakup minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV dan sampel dalam penelitian adalah 56 siswa yang terbagi atas dua rombel kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket penguatan positif dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan uji normalitas dengan menggunakan Kolmogorov-smirnov, analisis deskriptif korelasional dan pengujian hipotesis dengan menggunakan korelasi Uji Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penguatan positif dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Terbukti nilai Pearson Correlation sebesar 0,005 yakni 0,005< 0,05, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara penguatan positif dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:45
Last Modified: 01 Aug 2023 02:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33273

Actions (login required)

View Item View Item