Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar PKn Murid Kelas V SD Inpres Mangasa I Makassar di Masa Pandemi Covid-19.

Nurfaidawati (2023) Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar PKn Murid Kelas V SD Inpres Mangasa I Makassar di Masa Pandemi Covid-19.

[img] Text
Artikel_NURFAIDAWATI.pdf

Download (297kB)

Abstract

Nurfaidawati, 2021. Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar PKn Murid Kelas V SD Inpres Mangasa I Makassar di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Sayidiman,S.Pd.,M.Pd. dan Dr.Suarlin,S.Pd.,M.Si.). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Sistem pembelajaran daring murid kelas V SD Inpres Mangasa I Makassar di masa pandemi covid-19, (2) Hasil berlajar PKn murid kelas V SD Inpres Mangasa I Makassar sebelum dan setelah penggunaan sistem pembelajaran daring, (3) Pengaruh sistem pembelajaran daring terhadap hasil belajar PKn murid kelas V SD Inpres Mangasa I Makassar di masa pandemi covid-19. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah sistem pembelajaran daring dan variabel terikat adalah hasil belajar PKn murid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Inpres Managasa I Makassar sebanayak 78 orang, sedangkan sampelnya adalah kelas V B sebayak 34 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan random sampling tipe simple random sampling secara undian. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) Sistem pembelajaran daring murid kelas V SD Inpres Mangasa I Makassar, berdasarkan hasil pengamatan keterlaksaan pembelajaran daring dengan persentase 85% dan kategori yang sangat efektif, (2) Hasil belajar siswa sebelum dan setelah penggunaan sistem pembelajaran daring sama-sama mempunyai kategori baik. Hasil belajar sebelum menggunakan sistem pembelajaran daring berada pada kategori baik dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar sedangkan hasil belajar setelah penggunaan sistem pembelajaran daring juga berada pada kategori baik dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata hasil, (3) Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial korelasi kedua variabel memperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka kedua variabel terdapat korelasi positif dan berada pada hubungan korelasi sempurna. Sedangkan uji one way anova hasil output diperoleh nilai signifikansi lebih besar dari α= 0,05 apabila nilai signifikansi t lebih besar maka Ho diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa sistem pembelajaran daring tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar PKn murid kelas V SD Inpres Mangasa I Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:39
Last Modified: 01 Aug 2023 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33272

Actions (login required)

View Item View Item