Penerapan Metode Pembelajaran Speed Readinguntuk Meningkatkan KemampuanMembaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 125 Karampue Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai

Nurul Muhlisa (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Speed Readinguntuk Meningkatkan KemampuanMembaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 125 Karampue Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai.

[img] Text
JURNAL NURUL MUHLISA 1647042045.pdf

Download (399kB)

Abstract

Nurul Muhlisa, 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Speed Readinguntuk Meningkatkan KemampuanMembaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 125 Karampue Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Skripsi Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed dan Hj. Nurhaedah, S.Pd., M.Hum. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 125 Karampue. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Metode Pembelajaran Speed ReadingUntuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa Kelas V SDN125Karampue Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai? Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui Bagaimana Penerapan Metode Pembelajaran Speed ReadingUntuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 125 Karampue Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran speed readingdan kemampuan membaca pemahaman. Setting penelitian ini adalah SDN 125 Karampue Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 125 Karampue Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai, dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang terdiri dari 14 orang perempuan dan 9 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumntasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa serta kemampuan membaca pemahaman. Pada siklus I aktivitas guru dan siswa berada pada kategori cukup (C), siklus II kategori baik (B). Hasil kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I dikategorikan belum tuntas karena hanya 17 siswa yang memenuhi indikator ketuntasan secara klasikal dan pada siklus II kemampuan membaca pemahaman siswa berada pada kategori tuntas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran speed reading untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman kelas V SDN125 Karampue Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:35
Last Modified: 01 Aug 2023 02:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33271

Actions (login required)

View Item View Item