Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua dan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD di Kecamatan Mariso Kota Makassar.

Jumriani (2023) Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua dan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD di Kecamatan Mariso Kota Makassar.

[img] Text
Artikel_Jumriani_Universitas Negeri Makssar.pdf

Download (935kB)

Abstract

Jumriani,2021. Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua dan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD di Kecamatan Mariso Kota Makassar. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar, “dibimbing oleh Patta Bundu dan Amrah”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bervariasinya tingkat prestasi belajar siswa dikarenakan memiliki latar belakang bimbingan belajar orang tua yang berbeda-beda. Orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya menyebabkan perhatian dan waktu belajar untuk anaknya sedikit sekali. Namun bimbingan belajar dari orang tua tidak cukup untuk menunjang prestasi, sehingga dengan tersedianya fasilitas belajar di rumah mampu menunjang fasilitas belajar yang baik. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui gambaran bimbingan belajar orang tua, gambaran fasilitas belajar di rumah serta mengetahui pengaruh bimbingan belajar orang tua dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa kelas III SD di Kecamatan Mariso Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, jenis penelitian expost facto, yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara dua atau lebih variabel tanpa memberi perlakuan pada variabel tersebut. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bimbingan belajar orang tua dan fasilitas di rumah, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Gugus II di Kecamatan Mariso Kota Makassar berjumlah 280 siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 165 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu teknik Proportional Random Sampling. Data hasil penelitian ini diperoleh melalui angket sementara data prestasi belajar siswa diperoleh melalui dokumentasi nilai raport. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran bimbingan belajar orang tua berada pada kategori sangat optimal, fasilitas belajar dirumah berada pada kategori baik serta terdapat pengaruh bimbingan belajar orang tua dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa sehingga hipotesis penelitian diterima

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:31
Last Modified: 01 Aug 2023 02:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33270

Actions (login required)

View Item View Item