Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Minat Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI Di SDN 284 Labuaja Kecamatan Kahu Kabupaten Bone.

NURUL SYAKLA AZNI (2023) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Minat Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI Di SDN 284 Labuaja Kecamatan Kahu Kabupaten Bone.

[img] Text
JURNAL METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING.docx

Download (25kB)

Abstract

NURUL SYAKLA AZNI, 2020. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Minat Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI Di SDN 284 Labuaja Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Amir Pada, M.Pd dan Syidiman, S.Pd., M.Pd). Permasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar dari peserta didik kelas VI. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap minat belajar IPA pada peserta didik kelas VI di SDN 284 Labuaja Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap minat belajar IPA pada peserta didik kelas VI di SDN 284 Labuaja Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantiatif dengan jenis penelitian ex post Facto. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini berdasarkan teknik sampling jenuh yaitu seluruh siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, hasil wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Mind mapping terhadap minat belajar IPA peserta didik kelas VI di SDN 284 Labuaja Kecamatan Kahu Kabupaten Bone

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:20
Last Modified: 01 Aug 2023 02:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33267

Actions (login required)

View Item View Item