Mirna Sentya (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Giving Question And Getting Answer (GQGA) untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri No. 178 Inpres Lamangkia Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.
Other
JURNAL~1.PDF Download (0B) |
Abstract
Mirna Sentya, 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Giving Question And Getting Answer (GQGA) untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri No. 178 Inpres Lamangkia Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. Naskah Skripsi ini dibimbing oleh Pembimbing I Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd., M.Pd dan Hartoto, S.Pd., M.Pd. selaku Pembimbing II pada Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri No. 178 Inpres Lamangkia Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri No. 178 Inpres Lamangkia Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) dan hasil belajar. Setting penelitian ini adalah SD Negeri No. 178 Inpres Lamangkia Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar tahun ajaran 2020/2021. Adapun subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri No. 178 Inpres Lamangkia Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar, dengan jumlah siswa 16 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar IPA siswa. Adapun pencapaian pada siklus I, aktivitas guru dan siswa berada pada kategori cukup (C), sedangkan pada pencapaian siklus II, aktivitas guru dan siswa berada pada kategori baik (B). Hasil belajar IPA siswa pada data awal hanya 37,5%, pada siklus I menjadi 74,4% berada pada kategori cukup (C) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 84,06% berada pada kategori baik (B). Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri No. 178 Inpres Lamangkia Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 02:14 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 02:14 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33266 |
Actions (login required)
View Item |