Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa.

Fitria (2023) Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa.

[img] Text
Artikel_Fitria_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (540kB)

Abstract

Fitria,2021. Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa. Skripsi.Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Prof Dr.H. Patta Bundu,M.Ed, dan Dra.Hj.Amrah,S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa.Tujuan penelian ini yaitu untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa, untuk mengetahui perhatian orang tua siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa, untuk mengetahui prestasi belajar siswa SD Gugus I Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa, untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis expost facto Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua,sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa berjumlah 315 orang,sedangkan sampelnya berjumlah 176 orang. Teknik pengambilan sampelnya adalah menggunakan teknik Proportional Random Sampling dengan kriteria siswa nilai prestasinya dalam kategori tinggi,sedang dan rendah. Data hasil penelitian ini diperoleh melalui instrument dan data prestasi belajar siswa. Teknik analisis data yaitu dengan analisis regresi ganda,uji-t, dan uji F. Hasil analisis statistik inferensial di peroleh nilai signifikan Uji-t 0,00 untuk kedisiplinan belajar dan 0,003 nilai signifikan untuk perhatian orang tua dan signifikan uji F 0,000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belahar siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa. Kesimpulan penelitian ini adalah kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 01:56
Last Modified: 01 Aug 2023 01:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33262

Actions (login required)

View Item View Item