Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres Lanraki 1 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Skripsi.

Hikmah Idris (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres Lanraki 1 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Skripsi.

[img] Text
Artikel_Hikmah Idris_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (482kB)

Abstract

Hikmah Idris, 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres Lanraki 1 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si dan Dr. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Inpres Lanraki 1 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran IPA siswa kelas V, untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas V dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas V. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Lanraki 1 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Sampel penelitian ini adalah kelas V.A sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 28 siswa dan kelas V.B sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 27 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes kemampuan berpikir kritis berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik inferensial melalui uji regresi sederhana diperoleh nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. Berdasarkan hasil yang didapatkan disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres Lanraki 1 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 01:51
Last Modified: 01 Aug 2023 01:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33261

Actions (login required)

View Item View Item