Pengaruh Metode Pembelajaran Show and Tell Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Centre Mangalli Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi

Nurul Hikmah (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran Show and Tell Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Centre Mangalli Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi.

[img] Text
Artikel_Nurul Hikmah_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (697kB)

Abstract

Nurul Hikmah, 2021. Pengaruh Metode Pembelajaran Show and Tell Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Centre Mangalli Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Nasaruddin, S.Pd., M.Pd dan Prof. Dr. Hj. Rohana, M.Pd. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran penggunaan metode pembelajaran Show and Tell pada mata pelajaran bahasa Indonesia, (2) untuk mengetahui kemampuan bercerita siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Show and Tell pada mata pelajaran bahasa Indonesia, (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran Show and Tell terhadap kemampuan bercerita siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperiment. Desain dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Show and Tell sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan bercerita. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IV yang berjumlah 70 siswa. Sampel yang digunakan penelitian ini adalah Nonprobability sampling dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling purposive. Teknik pengumpulan data dari pembagian pretest, treatment, dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji Independent Sample T�Test dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan proses pembelajaran dengan metode pembelajaran Show and Tell terhadap kemampuan bercerita di Kelas IV terlaksana dengan baik (2) keadaan kemampuan bercerita siswa sebelum diadakan treatment berada pada kategori cukup dan setelah diterapkan metode pembelajaran Show and Tell berada pada kategori baik (3) setelah dilakukan uji hipotesis dan analisis maka diperoleh hasil, terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Show and Tell terhadap kemampuan bercerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Centre Mangalli Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 01:47
Last Modified: 01 Aug 2023 01:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33260

Actions (login required)

View Item View Item