Pengaruh Model Take and Give Terhadap Sikap Tanggung Jawab Siswa Kelas V SD Negeri 71 Kassi-kassi Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng.

Hastuti (2023) Pengaruh Model Take and Give Terhadap Sikap Tanggung Jawab Siswa Kelas V SD Negeri 71 Kassi-kassi Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng.

[img] Text
561-1112-1-SM.pdf

Download (264kB)

Abstract

Hastuti, 2020. Pengaruh Model Take and Give Terhadap Sikap Tanggung Jawab Siswa Kelas V SD Negeri 71 Kassi-kassi Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd., M.Pd dan Dr. Syamsuddin, M.Si) Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran model take and give terhadap sikap tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri 71 Kassi kassi Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng; (2) Apakah terdapat pengaruh model take and give terhadap sikap tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri 71 Kassi kassi Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng dan bagaimanakah pengaruhnya. Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov�Smirnov dengan data pretest dan postest yang berdistribusi normal. Hasil mean dari pretest kelas eksperimen sebesar 36,69 dan postest kelas eksperimen sebesar 82,63. Sedangkan mean dari pretes kelas kontrol Sebesar 35,88 dan postest kelas kontrol sebesar 43,25.Uji hipotesis menggunakan paired sample T-test dengan data pretest dan postest kelas eksperimen serta pretest dan postest kelas kontrol terdapat pengaruh yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model take and give terhadap sikap tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri 71 Kassi-kassi Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 01:37
Last Modified: 01 Aug 2023 01:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33258

Actions (login required)

View Item View Item